*** A G N U S - D E I ***
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Selasa, 20 September 2011

MAKANAN IBU HAMIL

Makanan Ibu hamil itu yang seperti apa? Seperti banyak dialami oleh para ibu hamil, saat awal masa kehamilan akan mengalami mual saat hamil. Rasa mual, pusing, dan muntah biasanya terjadi pada pagi hari, atau biasa dinamakan morning sickness. Dan akibatnya, saat susah makan pada masa triwulan pertama kehamilan, menyebabkan kondisi fisik ibu hamil menjadi lemah dan berat badan turun.
Padahal pada masa ini dalam kehamilan sedang terjadi pembentukan tulang belakang dan otak yang sangat vital bagi calon bayi. Berikut ini saran makanan Ibu hamil.

Makan makanan yang kering
Meski terasa sangat tidak enak karena morning sickness, tetapi hal ini harus dilawan. Pada pagi hari usahakan sarapan dengan makanan yang kering, seperti biscuit atau roti panggang. Hindari makanan yang beraroma menyengat atau menggunakan bumbu yang beraroma kuat. Hindari juga makanan atau minuman yang mengandung banyak lemak, misalnya nasi goring. Aroma dari makanan tersebut akan memancing rasa mual saat hamil pada triwulan pertama.
Setelah makan makanan kering, usahakan jangan langsung minum. Karena bila langsung minum perut akan terasa penuh dan menyebabkan rasa mual dating lagi. Beri jarak sekitar 5-15 menit setelah makan, baru minum air.
Makan sedikit tapi sering
Kebutuhan kalori pada ibu hamil setiap harinya bertambah dari hari-hari biasa saat tidak sedang mengandung. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang cukup bagi ibu hamil dan janin yang sedang berkembang, harus tercukupi asupan gizi-nya. Tetap berprinsip pada makanan dengan menu gizi yang seimbang. Bila terasa tidak bias makan sekaligus banyak, bias dengan cara makan sedikit-sedikit tapi sering. Tetapi tetap dengan memperhatikan keseimbangan dan kecukupan asupan gizi.
Penuhi kebutuhan gizi
Pada wanita hamil membutuhkan lebih banyak kebutuhan gizi seperti kalsium, protein, vitamin danzat besi. Makanlah dengan variasi yang berbeda setiap harinya, dengan memperhatikan kecukupan gizi pada makanan.
Kalsium pada ibu hamil diperlukan untuk pertumbuhan tulang janin. Bila anda kekurangan kalsium pada tubuh anda, maka janin akan memenuhi kebutuhan akan kalsium dengan cara mengambil dari tubuh anda. Ini akan berakibat semakin menurunnya kondisi ibu hamil. Sayuran hijau, mentega, susu, telur, keju adalah contoh makanan yang banyak mengandung kalsium. Jangan pernah meninggalkan salah satu dari makanan tersebut setiap harinya agar kebutuhan kalsium dalam tubuh ibu hamil tercukupi.
Zat besi juga terdapat dalam sayuran hijau, misalnya bayam. Selain pada sayuran hijau zat besi terkandung di dalam hati. Hati mengandung zat besi yang tinggi. Buatlah variasi resep masakandengan bayam dan hati agar tidak bosan.
Protein hewani dan protein nabati juga sangat diperlukan dalam masa kehamilan. Untuk protein nabati misalnya kita bisa menggunakan kedelai yang ada dalam tempe atau tahu. Selain itu perbanyak makan buah-buahan segar karena banyak mengandung vitamin C. Vitamin C berguna dalam penyerapan zat besi.
Saat nafsu makan kembali pulih
Biasanya mual saat hamil danmorning sickness akan berlalu ketika kehamilan usia 3 bulan. Saat ini biasanya nafsu makan akan kembali normal. Dan juga kesadaran ibu hamil akan kesehatan tubuh dan bayi yang dikandungnya akan membuat makan makanan secara berlebih dari biasanya. Ini akan berakibat pada naiknya berat badan.
Pada umumnya, selama kehamilan berat badan seharusnya bertambah. Pada kondisi normal biasanya akan naik sebanyak 12 sampai 15 kilogram berat badan. Usahakan untuk tidak terlalu bertambah berat badan selama kehamilan, bukan berarti harus mengabaikan makanan yang banyak mengandung gizi untuk pertumbuhan janin. Karena biasanya, usai melahirkan banyak ibu yang susah untuk kembali menurunkan berat badan sampai batas normal. Dan juga ada kemungkinan akan adanya penyakit seiring dengan bertambahnya berat badan yang berlebihan.
Tetapi bagaimanapun, kecukupan gizi ibu hamil dan janin sangatlah penting. Itulah beberapa tips untuk makanan ibu hamil ini.

0 komentar:

Protected by Copyscape Duplicate Content Protection Tool
Template by : Roberth Fabumasse @2017