*** A G N U S - D E I ***
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Senin, 14 Mei 2012

User dan Password Si Rubah Api (Firefox)

Berselancar di dunia maya memang menyenangkan. Apalagi yang menggunakan jaringan gratisan dan unlimited, wah wah wah bakalan lupa waktu dech.
Browser yang digunakan pun mungkin bermacam-macam mulai dari IE,Safari, Mozilla, sampai Google Chrome. Sedangkan browser yang paling banyak dipakai pada saat ini adalah Mozilla alias Si Rubah Api.
Namun tahukah anda ada bahaya mengancam jika kita menggunakan komputer umum untuk akses internet?
Browser populer Si Rubah Api memang aman dari gangguan peretas yang mencoba masuk ke komputer umum yang kita pakai. Sistem keamanan browser Si Rubah Api mempunyai benteng tangguh yang menghalangi segala upaya peretas untuk menyusup masuk ke komputer yang sedang kita pakai.

Mozilla mempunyai beberapa fitur yang memudahkan penggunanya untuk berselancar di dunia maya. Salah satu kesulitan dalam berselancar adalah banyaknya situs web yang mengharuskan pengguna untuk mendaftar terlebih dahulu dan tentu saja hal ini memerlukan Account sebagai User dan pastinya disertai Password-nya.
Nah, salah satu fitur pilihan Mozilla adalah penyimpanan account User dan Passwordnya. Sehingga kita tidak perlu repot-repot mengingat dan mengetikkan User serta Password setiap kita mengunjungi situs tertentu. Hanya dengan mengetikkan sedikit awalan kata akan terpampang User dan passwordnya sekaligus.
Pilihan penyimpanan User dan Password pada Mozilla sebenarnya sangat disarankan untuk penggunaan pada komputer pribadi bukan pada komputer umum. Si Rubah Api pasti akan menanyakan lebih dahulu apakah benar-benar akan menyimpan User dan passwordnya di komputer itu?

Namun sering kita lihat di warnet-warnet ataupun komputer umum, pengguna internet menyimpan user dan passwordnya dengan mengklik Save Password. Hal ini sama artinya dengan memberi kesempatan kepada orang lain untuk mengetahui user dan Password yang dipakai di komputer itu.

Jadi, ancaman terbesar dari penggunaan komputer umum yang menggunakan browser Mozilla untuk internet adalah jejak User dan Password yang mungkin kita tinggalkan di komputer tanpa kita sadari.

Bagaimana cara mengetahui User dan Password yang di simpan oleh Si Rubah Api? Berikut ini caranya:
User dan Password Internet khusus untuk browser Mozilla Firefox:

1. Buka browser Mozilla dengan meng-klik 2 kali
2. Muncul form Authentication Required, klik Cancel
3. Maka akan muncul tampilan ERROR, biarin aja. Dari Menu Bar paling atas klik Tools
4. Muncul Daftar Menu, klik Options
5. Muncul form Option dari Mozilla, klik Security
6. Dari Daftar Menu Security, klik Saved Passwords…
7. Muncul Daftar User yang tersimpan di komputer
8. Jika ingin tahu Password-nya tinggal klik Show Passwords
9. Tra la la… semua User dan Password dari berbagai situs yang tersimpan di komputer akan kelihatan
10. Selamat membuka internet, tapi jangan memakai memakai User pribadi orang lain ya (FB, E-mail, Account Bank, dll)

Artikel ini dibuat bukan untuk mengajari jelek namun lebih untuk menyadarkan pengguna internet di komputer umum untuk lebih hati-hati dalam menjaga privasi dan keamanan diri. Karena sering orang kebobolan User dan Passwordnya lebih karena faktor ketidak-tahuan dan kecerobohannya sendiri.

Sumber

0 komentar:

Protected by Copyscape Duplicate Content Protection Tool
Template by : Roberth Fabumasse @2017