*** A G N U S - D E I ***
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rabu, 04 Mei 2011

3 ORANG MAJUS

Menurut Gereja Barat, nama orang Majus adalah Caspar, Melchior, Balthazar. Menurut Gereja Timur nama mereka variatif. Misal: Hor, Karsudan, Basanater (Ethiopia). Kagpha, Badadakharida, Badadilma (Armenia). Larvandad, Gusnasaph, Hormisdas (Syria). Menurut tradisi Gereja Syria di Irak, jumlah mereka dua belas. Mereka terbagi dalam tiga kelompok berdasarkan persembahan yang dibawa. Emas dibawa Arvandid bin Artiban, Hormsad bin Satros, Gusnasab bin Gunafar, Arshak bin Makrus. Mur dibawa Zarandar bin Warzud, Akreho bin Kesro, Arbachas bin Kolite, Ashtankakodon bin Shesran. Kemenyan dibawa Mahros bin Kohram, Aksherosh bin Kashan, Sadlak bin Baldan, Marodak bin Bildad.
Menurut tradisi, Caspar berasal dari nama Gundaphoros, raja India (Kitab Kisah Rasul Tomas). Larvandad adalah kombinasi dari Lar (Iran bagian selatan), vand (mengacu pada nama-nama lokasi di Iran), vand atau vandad (akhiran yang biasa dijumpai di Media-Persia), dad (diberikan oleh atau dilahirkan di). Larvandad artinya dilahirkan di Iran selatan. Hormisdas adalah variasi dari Hormoz, nama orang Persia. Di Media-Persia, disebut Hormazd(a). Nama ini mengacu pada malaikat hari pertama dari setiap bulan yang diberikan Ahuramazda atau Ormazd, dewa tertinggi orang Persia Kuno. Gushnasp adalah kombinasi dari Gushn (berenergi atau banyak) dan Asp (kuda). Kuda adalah binatang utama orang Iran atau sering digunakan sebagai nama orang Iran. Gushnasp artinya seenergik kuda atau pemilik banyak kuda.
Untuk menelisik asal mereka, sejumlah data dikumpulkan. Di atas, ada dua tempat, India dan Media-Persia. India disebut dalam Ester 1:1; 8:9. Di Media-Persia, astronomi berkembang baik. Kata “majus’ adalah latinisasi dari “magos” (jamak; Yun). “Magos” berasal dari Magian, sekte orang Midian, suku Arab Utara, keturunan Abraham dari Ketura (Kej. 25:1-6). Orang Majus adalah imigran yang telah lama hijrah ke Persia. Kalau Injil menyebut orang Majus dari Timur (Mat. 2:1), artinya mereka, yang mengunjungi bayi Kristus di Betlehem pada 6 Januari setelah menempuh ± 450-500 km, adalah orang Persia, keturunan Abraham, orang Midian, suku Arab.

Sumber : http://ebahana.com

0 komentar:

Protected by Copyscape Duplicate Content Protection Tool
Template by : Roberth Fabumasse @2017