*** A G N U S - D E I ***
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Selasa, 20 September 2011

AWAS KONSUMSI OBAT MAAG SAAT HAMIL

Banyak wanita hamil menderita nyeri pada ulu hati karena sakit maag, hal ini menjadi peringatan perhatian karena hasil penelitian terbaru menyebutkan bahwa obat yang digunakan untuk menekan timbulnya asam lambung yang dikonsumsi ibu hamil, ternyata dapat meningkatkan risiko terjadinya asma pada bayinya seperti dikutip dari WebMD Medical News 18 Maret 2008.


Data diperoleh dari sedikitnya 30.000 anak dimana ibunya mengkonsumsi obat penekan asam lambung saat hamil, ternyata 51% dari anaknya menderita bersin, kesulitan bernafas dan gejala lainnya yang berkaitan dengan asma.
Para ahli menyebutkan obat maag yang dapat menimbulkan asma pada anak adalah golongan H2 blocker dan proton pump inhibitor. Sedangkan antacid tidak termasuk dalam penelitian.

Batasi penggunaan obat

Namun, Elizabeth Yen, MD seorang dokter spesialis anak dari Harvard and Children’s Hospital Boston mengatakan wanita yang mendapat obat selama kehamilan sebenarnya tidak perlu khawatir, karena untuk menjelaskan hal itu masih harus dilakukan lagi studi lainnya. Meski demikian tetap sebaiknya pada wanita hamil mengurangi penggunaan obat-obatan/menggunakan obat-obatan secara berlebihan. Obat hanya dikonsumsi saat kondisinya benar-benar membutuhkan dan hanya mengkonsumsi obat yang dianjurkan oleh dokter saja.

Nyeri ulu hati menyerang 1 dari 2 wanita hamil

Lebih dari setengah wanita hamil dilaporkan menderita nyeri pada ulu hati, terutama terjadi pada trimester dua dan tiga. Nyeri ulu hati adalah sensasi/rasa terbakar esofagus akibat dari gastroesophageal reflux disease (GERD) atau kembalinya asam lambung ke mulut.
Yen menjelaskan mereka yang mengkonsumsi obat penekan asam lambung, dan dilakukan tes darah ternyata sistem imun sitokinnya meningkat sitokin yang meningkat menimbuklan peningkatan reaksi alergi.

Untuk membuktikan hubungan antara mengkonsumsi obat maag selama hamil dan pengaruhnya terhadap asma atau alergi pada anak, para ahli mempelajari data yang didapat dari RS di Swedia. Sejumlah 29.490 data anak, usia 2-11 tahun yang menderita alergi dan atau asma. Total dari 5.645 anak lahir dari ibu yang saat hamil mengkonsumsi obat penekan asam lambung.

Tips menekan nyeri ulu hati saat hamil:

1. Konsumsi makanan ringan sesering mungkin dalam sehari
2. Makanlah dengan perlahan, jangan terburu-buru
3. Hindari makanan gorengan, berlemak, pedas, coklat, mint, soft drink, jus jeruk, jus tomat atau saos tomat.
4. Hindari posisi berbaring setelah makan
5. Saat berbaring, posisi kepala lebih tinggi dari kaki
6. Konsultasikan ke dokter bila membutuhkan obat penekan asam lambung
7. Gunakan pakaian yang longgar. Bila menggunakan pakaian yang sempit dapat meningkatkan tekanan pada perut.

Sumber : http://www.erepublik.com/en/article/hati-hati-menggunakan-obat-maag-saat-hamil-220032/1/20

0 komentar:

Protected by Copyscape Duplicate Content Protection Tool
Template by : Roberth Fabumasse @2017