*** A G N U S - D E I ***
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Senin, 02 Januari 2012

Prajurit Korut Raksasa Misterius Menjelang Pemakaman Kim Jong Il

1325434355974043939

Republik Demokratik Rakyat Korea atau sering disebut dengan Korea Utara (Korut) memang serba misterius mulai dari kekuatan militer Korut yang tidak dapat diprediksi secara akurat oleh AS dan NATO  sampai pada  mitos sang pemimpin Korut dari awal sejarah munculnya Korut dalam sebuah negara yang berdaulat hingga kini.
Beberapa hal lainnya yang serba misterius tentang fenomena Korut secara umum dapat dilihat sebagai berikut :
  1. Sejak dideklarasikan merdeka pada 9 September 1948 sampai kini 1 Januari 2012 baru memiliki 3 pemimpin saja. Bahkan pemimpin yang baru saat ini adalah putra Kim Jong Il yang baru dilantik pada akhir Desember 2011 menggantikan ayahnya. Dalam rentang waktu mencapai 64 tahun hanya ada 3 orang pemimpin yang semuanya berasal dari dinasti Kim. (Kim Il Sung adalah orang tua dari Kim Jong Il).
  2. Kim Jong Il bukanlah kepala negara dan kepala pemerintahan, ia adalah ketua pertahanan nasional Korea Utara. Meskipun terdapat kepala negara bidang luar negeri yang dijabat oleh Kim Yong Nam, namun peranan Kim Jong Il sebagai pemimpin Korut sangat dominan bahkan kita jarang mendengar peranan Kim Yong Nam yang tak lain hanya sebagai alat propaganda status Republik di negara Korea Utara dalam pentas politik Internasional.
  3. Korea Utara, meskipun ikut serta mengembangkan senjata nuklir dan mendapat tekanan Internasional di bawah determinasi AS dan NATO dan berulang kali mendapat kecaman dan ancaman namun tidak goyah pendiriannya terhadap hak mereka mengembangkan senjata nuklir. Korut dianggap tidak kooperatif dalam perjanjian larangan mengembangkan senjata nuklir dalam traktat Perjanjian Nonproliferasi Nuklir yang telah diratifikasi dan disetujui tanpa syarat oleh 170 negara  pada 11 Mei 1995, termasuk Korut sendiri.
  4. Rakyat Korut sangat disiplin. Meskipun tingkat kesejahteraan jauh tertinggal dari tetangganya Korsel hal ini tidak melunturkan semangat nasionalisme dan kesetiaan terhadap negara dan bangsa Korut dan pemimpinnya. Meskipun terjadi beberapa kali pembelotan warga dan pejabat serta tentara Korut ke Korsel dan berisiko pembunahan terhadap pembelot tersebut (di negara Korsel) secara keseluruhan rakyat Korut adalah warga yang disiplin dan loyal terhadap bangsa, rakyat dan pemimpin mereka.
  5. Rakyat Korea sangat mengenal arti tanggung jawab. Gagal berarti akan mengalami resiko taramat tinggi dan mahal. Hal ini dapat dilihat contoh salah satunya pada saat Tim Korut tampil pada putaran Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, tim yang awalnya berhasil mencuri perhatian saat kalah 1-2 dari Brazil namun akhir hancur lebur saat dilumat Portugal 7-0. Konsekwensinya telah diperkirakan bahwa seluruh pemain dan pelatih masuk dalam kerja rodi (paksa) di pertambangan milik negara. Seluruh tim diinterogasi dan dijemur dipanas matahari selama seminggu oleh punggawa militer Korut. Mereka dipermalukan dan diperlakukan tidak manusiawi sehingga mengundang protes FIFA untuk memeriksa kejadian tersebut setelah terjadinya beberapa bulan kerja rodi tersebut.
Banyak lagi hal-hal misterius tentang Korut termasuk kondisi kesehatan Kim Jong Il saat stroke dan labil kesehatannya sangat dirahasiakan kepada umum entah untuk kepentingan apa.

Untuk Apakah Manusia Raksasa “Hadir” Pada Pemakaman Kim Jong Il..?

Satu hal lagi yang tidak kalah misterius adalah saat prosesi pemakaman Kim Jong Il yang jatuh pada hari Rabu (28/12) lalu, dalam barisan paling belakang kelompok militer yang memberikan pengawalan dan “pagar” pada jalur kendaraan Limousin buatan AS yang mengangkut jenazah Kim Jong Il, terdapat pemandangan yang sangat menarik.

Dari gambar yang dipublikasi oleh KCNA tersebut pandangan orang yang melihatnya  hampir tidak tertuju lagi pada iring-iringan kendaraan pengangkut jenazah Kim, melainkan terarah pada sebuah obyek yang menggunakan seragam militer Korut. Posturnya tinggi besar. Ia berada tepat di hadapan seorang tentara yang menjaga kelompok tersebut yang semua menghadap ke arah jalan iring-iringan jenazah.
Wartawan yang memiliki “mata elang” dari Associated Press (AP) membidik pemandangan tersebut dengan cara  membesarkan obyek gambar tersebut. Dampaknya, “Pemandangan” tersebut pun kini menjadi perbincangan hangat berita dunia. Hasilnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

13254319001143442454

Gambar yang diterbitkan oleh KCNA (Korean Central News Agency (KCNA) ini telah diedit ukurannya oleh Associated Press
Menarik bagi kita untuk mengetahui siapakah sosok tersebut dan untuk apakah Korut memperlihatkan sosok tersebut  berpakaian militer Korut dan menyeruak diantara sejumlah militer yang berpostur tinggi-tinggi saat ini? Beberapa kantor berita dan media internasional beberapa hari terakhir hangat membicarakan apa di balik skenario tersebut seperti yang dirilis oleh Newyork Daily News di sini : http://www.nydailynews.com/news/world/north-korean-giant-appears
Menurut perkiraan sementara ini, orang tersebut adalah tamu dari luar Korut, dan ketika disandingkan dengan postur tentara Korut yang sekarang ini mengalami peningkatan pertumbuhan yang luar biasa kelihatannya orang tersebut adalah manusia tertinggi di dunia saat ini. Tapi untuk apa ia ada di sana dan menggunakan seragam militer serta hadir dalam prosesi pemakaman tersebut?
Dari hasil penelusuran, obyek tersebut adalah salah satu bintang pebasket NBA yang  memiliki nama Michael Ri. Ia awalnya adalah warga AS dan akirnya memilih menetap dan menjadi warga Korut dan berganti nama sebagai Ri Myung Hun. Jika itu benar patut dipertanyakan adalah untuk apa Ri Myung Hun menggunakan seragam militer, bukankah ia adalah masyarakat sipil?

Informasi tentang hal ini dapat dilihat di sini : http://www.huffingtonpost.com/2011/12/29/north-korea-giant-man_n_1175175.html yang dirilis oleh The Huffingpost.com pada 31/12/2011.
Selain sorotan hal tersebut sorotan dunia lainnya adalah adanya potret-potret dan rekaman penayangan histeria warga Korut yang ditayangkan oleh televisi nasional Korut KCNA. Menurut informasi dari Kantor berita Jepang  Kyodo, bahkan mengaku, memiliki foto prosesi pemakaman Kim yang serupa namun tidak sama dengan yang dirilis oleh KCNA.

Demikian rekan pembaca budiman sekilas info tentang kisah misterius dari Korut. “Selamat jalan Kim Jong Il… “Biarkan Kim Jong Il beristirahat dengan tenang meninggalkan rakyatnya tercinta  untuk meneruskan perjuangan menentukan jati diri dan eksistensinya di tengah “badai ” tekanan negara lain menerjang ke arah Korut untuk bersatu.

Entah apa nasib Korut di kemudian hari dalam kepemimpinan Kim Jong Un. Yang pasti sama dengan misteriusnya beberapa kejadian yang telah ada tentang Korut. Apa saja  misteri Korut dalam sejarahnya ke depan setelah ditinggal oleh sang pemimpin “legendaris” Kim Jong Il? Mari kita lihat perkembangan sejarahnya..
Salam Kompasiana
abanggeutanyo

Gambar : Sumber  gambar diterbitkan oleh KCNA  (Korean Central News Agency (KCNA)  ini telah diedit ukurannya, diterbitkan  oleh AP dan The Telegraph (31/12)


-----------------------------------------------------------------------------------

0 komentar:

Protected by Copyscape Duplicate Content Protection Tool
Template by : Roberth Fabumasse @2017